Stasiun Bogor – Sukabumi

Penumpang di KRL Ekonomi

Penumpang di KRL Ekonomi

Jalur kereta Bogor – Sukabumi dilayani dengan memakai KRD sampai dengan Maret 2006, kemudian dihentikan karena alasan ekonomi; akhirnya jalur Bogor – Sukabumi dilayani kembali dengan KRD Bumi Geulis yang mulai beroperasi pada 15 Desember 2008.

Rute kereta Bumi Geulis adalah Bogor-Batutulis-Ciomas-Maseng-Cigombong-Cicurug-Cijambe-Parung Kuda-Cibadak-Karangtengah-Pondok Leungsir-Cisaat-Sukabumi. Berangkat dari Sukabumi menuju Bogor pada pagi hari dan kembali dari Bogor menuju Sukabumi pada sore hari. Ketika masih berupa KRD sampai tahun 2006; waktu keberangkatan ini memang disengaja untuk menampung para pedagang yang akan menjual barangnya di Jakarta atau Bogor mungkin juga untuk mengangkut para penglaju dari sukabumi ke Bogor/Jakarta.

Sejak 2005 akhir, saya melakukan proses pendokumentasian tiap-tiap stasiun yang biasa dilakukan pada Sabtu – Minggu, dan sampai February 2009, masih tetap ada stasiun yang terlewat yaitu, stasiun Ciomas, Maseng, Cijambe, Karangtengah, Pondok Leungsir dan Cisaat.

Alasan proses pendokumentasian ini entah kenapa muncul begitu saja, mungkin dari alam bawah sadar saya yang menyadari bahwa saya membuat foto yang banyak sekali setiap akhir minggu dan ternyata foto-foto saya tidak pernah bagus baik dalam teknik maupun komposisi sehingga jika dimasukkan pada kategori dokumentasi, akan membuat orang memaafkan dan mengampuni serta menerima apa adanya.

Pada akhirnya dokumentasi ini semacam alasan pembenar dari kesalahan yang selalu saya perbuat selama belajar memotret.

Dalam proses pendokumentasian ini, saya memakai kamera Digital/Film, SLR/Rangefinder, Warna/Hitam-putih dan banyak lagi dikotomi yang tidak perlu, tapi harus disebutkan supaya saya kelihatan lebih jumawa, berpengalaman dan matang.

Catatan: gambar-gambar ini diambil pada tahun 2006 dan 2007

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

About this entry