Pada Sebuah Pasar

Pasar Godean

Pasar Godean

Ini tidak akan membahas perekonomian yang diberi muatan politik seperti pada saat pemilihan presiden. Ini hanya akan membahas pasar yang saya kunjungi selama ini.

Menurut definisi dari Peraturan Presiden Nomer 112 tahun 2007

1.             Pasar adalah area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plasa, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya;

2.             Pasar Tradisional adalah pasar yang dibangun dan dikelola oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, Swasta, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah termasuk kerjasama dengan swasta dengan tempat usaha berupa toko, kios, los dan tenda yang dimiliki/dikelola oleh pedagang kecil, menengah, swadaya masyarakat atau koperasi dengan usaha skala kecil, modal kecil dan dengan proses jual beli barang dagangan melalui tawar menawar;

Pasar tradisional juga ditata sedemikian rupa, sehingga dapat menjadi apa yang diamanatkan oleh PP nomer 112 tahun 2007.

(1) Lokasi pendirian Pasar Tradisional wajib mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota, dan Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten/Kota, termasuk Peraturan Zonasinya.

(2) Pendirian Pasar Tradisional wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:

a. Memperhitungkan kondisi sosial ekonomi masyarakat dan keberadaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern serta Usaha Kecil, termasuk koperasi, yang ada di wilayah yang bersangkutan;

b. Menyediakan areal parkir paling sedikit seluas kebutuhan parkir 1 (satu) buah kendaraan roda empat untuk setiap 100 m2 (seratus meter per segi) luas lantai penjualan Pasar Tradisional; dan

c. Menyediakan fasilitas yang menjamin Pasar Tradisional yang bersih, sehat (hygienis), aman, tertib dan ruang publik yang nyaman.

(3) Penyediaan areal parkir sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b dapat dilakukan berdasarkan kerjasama antara pengelola Pasar Tradisional dengan pihak lain.

Umumnya pasar modern awalnya adalah pasar tradisional, yang belum tersentuh apapun dan seiring  dengan peremajaan pasar , maka pasar akan dibangun menjadi modern atau akan dipindahkan, karena kebutuhan akan keindahan kota, untuk mendapatkan Adipura.

Sedangkan menurut definisi saya ( yang biasanya ngawur dan sok tahu) melihat pasar dari sudut pandang penerangan dan kebersihan lantai saja, karena definisi yang ngawur ini maka hampir semua pasar yang saya kunjungi adalah pasar tradisional, karena pasar tersebut suram, remang-remang, pengap, becek dan beraroma (tidak bau, tapi aroma khas pasar terasa sekali di sini) tapi dengan kondisi seperti ini, entah kenapa saya menemukan keriang-gembiraan yang spontan dan tidak di-buat-buat, keakraban antara pembeli dan penjual serta manusia yang lalu lalang yang jarang saya temui pada pasar dengan lampu terang, bersih, sejuk.

Dari segi pembayaran walaupun pasar tradisional tidak mengenal cash, yang artinya membayar dengan pengganti uang, baik cek, kartu kredit atau bahkan kartu debet, dalam pasar tradisional juga dikenal utang, kasbon yang dicatat pada kalender, kertas bekas buku, atau dinding warung yang intinya adalah penundaan pembayaran.

Ketika saya kecil, dan pulang kampung, biasanya saya diajak ke toko kelontong kawan ayah saya; untuk menemani ayah saya ngobrol ngalor-ngidul dengan teman-temannya, sedang saya melihat-lihat mainan yang dijual, dan oleh kawan ayah saya selalu ditawarkan, untuk diambil, tapi sudah barang tentu dengan isyarat yang subtle dari ayah saya, saya akan menolak. Biasanya pertemuan itu akan ditutup dengan soto ayam penuh jerohan dan hati, jantung lengkap dengan telor ayam kecil-kecil (yang belum jadi)  berwarna kuning.

Keakraban dan kerukunan yang terdapat di sana yang membuat saya selalu tertarik pada pasar.

Pasar Godean

Pasar Godean



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: